RINI AGUSTINA, 145060118 (2018) PENRAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUKMENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HIDUP RUKUN DITEMPAT BERMAIN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover (2).pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA RINI.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS FIX.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (549kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (545kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Hidup Rukun diTempat Bermain dengan menggunakan model Discovery Learning. Penelitian ini di latar belakangi oleh pengukuran sikap percaya diri dan sikap teliti siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus setiap siklus terdiri dari dua pembelajaran. adapun tahap dalam penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrument dalam penelitian ini berupa lembar observasi, lembar wawancara, dokumentasasi dan lembar evaluasi hasil belajar siswa. Hal ini menunjukan adanya peningkatan sikap percaya diri, sikap teliti dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Pada siklus I ternyata yang memperoleh ketuntasan sikap percaya diri sebesar 58% dengan kategori cukup dan pada siklus II siswa yang memperoleh ketuntasan sebesar 77% kategori baik. Kemudian pada siklus III siswa yang meperoleh ketuntasan sebesar 89% kategori sangat baik. Selanjutnya sikap teliti pada siswa siklus I sebesar 63% kategori cukup dan pada siklus II sebesar 66% kategori cukup. Kemudian pada siklus III sebesar 92% karegori sangat baik. Pada hasil belajar siswa terdiri dari ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pada siklus I ternyata yang memperoleh ketuntasan keterampilan sebesar 55% kategori cukup. Dan pada siklus II sebesar 71% kategori baik kemudian pada siklus III sebesar 89% kategori sangat baik. Pada randah pengetahuan, siswa yang memperoleh ketuntasan pada siklus I sebesar 55% dan pada siklus II sebesar 71% kategori baik kemudian pada siklus III 87% kategori sangat baik. Salah satu kendala dalam penelitian ini yaitu penggunaan waktu yang kurang efisien sehingga untuk mengatasinya hanya mengajukan beberapa pertanyaan dan memberikan informasi secara singkat saja. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pada subtema Hidup Rukun diTempat bermain kelas II SDN Ciparay Kabupaten Cianjur dengan menggunakan Model Discovery Learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Discovery Learning, percaya diri, teliti, dan hasil belajar vii
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Andi Wijaya |
Date Deposited: | 17 Sep 2018 22:55 |
Last Modified: | 17 Sep 2018 22:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36449 |
Actions (login required)
View Item |