PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN

Ela Yuliani Rahayu, 145060128 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKANHASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B. Indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B.Inggris.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak B. Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan model discovery learning pada Subtema Manusia dan Lingkungan. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelasV MI PUI Talaga Kecamatan Talaga. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan siswa yang kurang percaya diri sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan model Discovery Learning sebagai alternative dalam pemecahan masalah. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem sisklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Dalam setiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yang terdiri dari 6 tahap. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Manusia dan Lingkungan. Hal terlihat dari adanya peningkatan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaranya itu pada siklus I mencapai nilai persentase 79%, siklus II 86% dan siklus III 97%. Pelaksanaan pembelajaran pada siklus I mencapai nilai dengan persentase 77%, siklus II 83%, dansiklus III 98%. Sikap percaya diri pada siklus I mencapai persentase 41%, siklus II 65%, dan siklus III 82%. Hasil belajar siswa pada siklus I mencapai persentase 47%, siklus II 70%, dan siklus III 82% . Keterampilan berkomunikasi pada siklus I mencapai persentase 37%, siklus II 65%, pada siklus III 82%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci :Discovery Learning, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 17 Sep 2018 22:49
Last Modified: 17 Sep 2018 22:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36448

Actions (login required)

View Item View Item