MENGEMBANGKAN KETERMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PJBL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA

NISA KAMILIA, 145040143 (2018) MENGEMBANGKAN KETERMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PJBL PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI TINGKAT SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.docx.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Abstrak Indonesia.docx.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Abstrak inggris.docx.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Abstrak sunda.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I Skripsi Bismillah..pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II Skripsi Bismillah..pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB III Skripsi Bismillah..pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text
14. BAB IV Bismillah.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] Text
15.BAB V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (421kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai perkembangan keterampilan berpikir kreatif siswa melalui model PjBL pada materi pencemaran lingkungan. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA di SMA 6 Bandung, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 31 orang dengan menggunakan metode pre-experimental dengan desian penelitian one group pretest-posttest design. Parameter yang diukur adalah tes keterampilan berpikir kreatif, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, respon siswa terhadap pembelajaran model PjBL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan model PjBL dengan hasil perhitungan nilai N-Gain pada setiap siswa, nilai N-Gain tertinggi sebesar 1,00 dan nilai N-Gain terendah sebesar 0,06, hal ini menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa berkembang setelah pembelajaran menggunakan model PjBL, selain keterampilan berpikir kreatif hasil penelitian lainnya ialah keterlaksanaan model PjBL pada aktivitas siswa terlaksana dengan persentase 84,07% dengan kategori sangat baik, keterlaksanaan model PjBL aktivitas guru terlaksana dengan persentase 81,94 % dengan kategori sangat baik, dan respon siswa terhadap model PjBL sebesar 72,04 %. Demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan berpikir kreatif pada siswa dapat berkembang melalui model pembelajaran PjBL. Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Kreatif, Model PjBL, Model Pembelajaran Project Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Sep 2018 07:32
Last Modified: 17 Sep 2018 07:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36427

Actions (login required)

View Item View Item