IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandung)

Vina Octaviani, 145020019 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TAHUN AJARAN 2017/2018 (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Indonesia.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Inggris.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Bahasa Sunda.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tahun Ajaran 2017/2018 (Studi Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS SMA Negeri 15 Bandung). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tahun Ajaran 2017/2018. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA Negeri 15 Bandung yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan tes berbentuk tes uraian atau essay dan teknik pengolahan data dengan teknik pengolahan data dengan cara N-Gain atau Peningkatan Nilai Pretest dan Posttest. Berdasarkan temuan dan pengolahan data di lapangan menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) kelas eksperimen memperoleh nilai posttest dengan rata-rata nilai 87,33 dan pada kelas kontrol memperoleh nilai posttest dengan rata-rata nilai 81,17. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran bagi peserta didik, di harapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat mengembangkan intelektual peserta didik dan peserta didik langsung dapat lebih aktif didalam dikelasBagi guru, diharapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran, karena berdasarkan penelitian yang telah dilakukan hasil belajar siswa meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajran Problem Based Learning. Bagi sekolah, diharapkan dapat dijadikan sumber informasi terutama dalam meningkatkan hasil belajar siswa sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran melalui perbaikan proses pembelajaran. Bagi Kepala Sekolah, diharapkan dapat bermanfaat bagi seluruh pendidik di sekolah dan dijadikan arsip oleh lembaga serta dapat membantu meningkatkan kualitas hasil pembelajaran. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran pembelajaran Problem Based Learning. menjadi lebih baik lagi. Bagi Pemerintah, diharapkan dapat memecahkan persoalan kualitas pendidikan yang merata disetiap jenjang pendidikan, maka peran pemerintah yang membawahi pendidikan dan menangai urusan pendidikan hendaknya dapat mempertimbangkan kepedulian dan perhatian terhadap sekolah, melaksanakan program pembinaan disertai monitoring evaluasi program pembinaan kepada semua sekolah turut serta membantu dalam menciptakan iklim sekolah yang harmonis, nyaman dan sejuk sehingga mampu memberikan kelancaran pada proses pembelajaran. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 14 Sep 2018 03:39
Last Modified: 14 Sep 2018 03:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36116

Actions (login required)

View Item View Item