IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MAJALAYA

NOVI SRI LESTARI, 142010108 (2018) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN E-GOVERNMENT PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA MAJALAYA. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
13 - BAB I DJP.docx

Download (466kB)
[img] Text
14 - BAB II DJP.docx

Download (61kB)
[img] Text
18 - DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
8 - ABSTRAK.docx

Download (32kB)
[img]
Preview
Text
2 - PENGESAHAN.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text
1 - COVER.docx

Download (29kB)

Abstract

Implementasi e-Government menjadi sebuah strategi akibat dari tuntutan dari masyarakat terhadap terbentuknya sistem pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara lebih efektif, maka implementasi e-Government pun diartikan sebagai upaya untuk terwujudnya Good Governance (tata laksana pemerintahan yang baik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan e-Government pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Majalaya Kabupaten Bandung. Dalam laporan hasil penelitian ini akan dibahas mengenai implementasi kebijakan e-Government dalam pelayanan SPT elektronik di KPP Pratama Majalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deksriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan meliputi observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi tolak ukur optimalisasi implementasi kebijakan e-Government dalam pelayanan SPT elektronik di KPP Pratama Majalaya adalah unsur-unsur keberhasilan e-government yang dikembangkan oleh Mohsen A. Khalil, Bruno D. Lanvin, dan Vivek Chaudry (2002) yang meliputi aspek-aspek seperti Process Reform (reformasi proses), Leadership (kepemimpinan), Strategic Investment (investasi strategis), Collaboration (kolaborasi), dan Civic Engagement (keterlibatan masyarakat). Pihak yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah Account Representative Seksi Pengawasan dan Konsultasi IV, dan 2 (dua) orang wajib pajak orang pribadi dan 2 (dua) orang wajib pajak badan KPP Pratama Majalaya. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan e-Governement dalam pelayanan SPT elektronik di KPP Pratama Majalaya sudah cukup baik, setiap tahunnya presentase wajib pajak yang memanfaatkan SPT elektronik semakin meningkat. Hanya saja penerimaan SPT belum sebanding dengan jumlah wajib pajak terdaftar. Juga menjelang batas waktu penyampaian SPT, KPP Pratama Majalaya setiap tahunnya selalu dipenuhi oleh wajib pajak yang datang untuk melakukan pelaporan SPT, hal itu menunjukkan wajib pajak menunda nunda pelaporan SPT. padahal penyampaian SPT elektronik memberikan keuntungan bagi wajib pajak untuk melakukan pelaporan SPT dimana pun dan kapan pun. Terjadi antrian panjang di KPP menunjukkan masih banyak wajib pajak yang tidak memanfaatkan penyampaian SPT secara elektronik. Kata Kunci : Implementasi e-Government dan Pelayanan SPT elektronik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 13 Sep 2018 07:27
Last Modified: 13 Sep 2018 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36090

Actions (login required)

View Item View Item