PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang kecamatan Batununggal Kota Bandung)

DIDA PERMANA, 145060169 (2018) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PELESTARIAN SUMBER DAYA ALAM INDONESIA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 063 Kebon Gedang kecamatan Batununggal Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover sip.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa inggris.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak bahasa sunda.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (945kB) | Preview
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA KESELURUHAN.pdf

Download (109kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Subtema Pelestarian Sumber Daya Alam Indonesia” dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV B SDN 063 Kebon Gedang. Hal ini dikarenakan pendidik masih menggunakan metode konvensional. Oleh Karena itu diperlukan sebuah pendekatan yang dapat memberikan peningkatan hasil belajar siswa, salah satunya model Problem Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan juga sikap percaya diri, tanggung jawab, dan sikap peduli melalui penerapan model PBL pada subtema pelestarian sumber daya alam indonesia. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart dengan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa tindakan diantaranya perencanaan, pelaksanaanm pengamatan, dan refleksi. Dalam hal ini untuk membangun sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli, dan meningkatkan hasil belajar peneliti menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Adapun hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan subjek siswa kelas IV B dengan menggunakan model PBL menghasilkan peningkatan sikap percaya diri dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 14%, siklus II sebesar 74% dan siklus III sebesar 85%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 47 (cukup), siklus II sebesar 73 (baik), dan siklus III sebesar 78 (baik). Tanggung jawab, dari setiap siklusnya Siklus I sebesar 62%, siklus II sebesar 81% dan siklus III sebesar 89%. Nilai rata-rata yang didapat dari siklus I sebesar 81 (sangat baik), siklus II sebesar 79 (baik), dan siklus III sebesar 83 (sangat baik). Sikap peduli, dari setiap siklusnya Siklus I sebesar 52%, siklus II sebesar 77% dan siklus III sebesar 92%. Nilai rata-rata yang didapat dari siklus I sebesar 72 (baik), siklus II sebesar 80 (sangat baik), dan siklus III sebesar 85 (sangat baik). serta peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Siklus I sebesar 59%, siklus II sebesar 70% dan siklus III sebesar 89%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,8 (baik), siklus II sebesar 75,3 (baik), dan siklus III sebesar 77,8 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning dapat meningkatkan sikap percaya diri, tanggung jawab, peduli dan hasil belajar siswa pada subtema pelestarian sumber daya alam indonesia. Kata Kunci: Problem Based Learning, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 07:07
Last Modified: 08 Sep 2018 07:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36032

Actions (login required)

View Item View Item