PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Kenampakan Rupa Bumidi Kelas III Semester IISDN Toblong 02 Kecamatan Majalaya KabupatenBandung)

DEFANNI FERDIANA, 145060073 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA BUMI DAN ALAM SEMESTA (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Kenampakan Rupa Bumidi Kelas III Semester IISDN Toblong 02 Kecamatan Majalaya KabupatenBandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak inggris.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstak sunda.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1fix.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fix.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
BAB V fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema bumi dan alam semestasubtema kenampakan rupa bumi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Toblong02dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan rasa percaya diri di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learningyang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, menyatakan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian percaya diri dan angket untuk mengetahui percaya diri siswa.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian percaya diri dan hasil belajar. Pada penilaian percaya diri nilai rata-rata siklus 1 yaitu 1,82dan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 2,54 sedangkan siklus III mencapai nilai 3,36. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 60,5dan postest dengan nilai rata-rata 60,3. Hasil belajar siswa pada siklus II juga belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 69,4, dan postest 71,21. Dan pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan kategori tuntas dengan rata-rata pretest 76,48dan postest 78,73. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learningdapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema bumi dan alam semestasubtema kenampakan rupa bumidi kelas III SDN Toblong02 Kabupaten Bandung. Dengan demikian, penggunaan model discovery learningdapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada tema bumi dan alam semestakhususnya dan pada tema yang lain untuk umumnya. Kata kunci: discovery learning, percaya diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 06:51
Last Modified: 08 Sep 2018 06:51
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36029

Actions (login required)

View Item View Item