PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas IV SDN Cibiru II Tahun Ajaran 2018/2019)

Artin Safitriani, 145060180 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik kelas IV SDN Cibiru II Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (441kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER artin.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan di kelas IV SDN Cibiru II, guru belum terlalu melakukan model-model pembelajaran sehingga siswa kurang termotivasi untuk melakukan proses belajar, selain itu juga guru masih mendominasi kegiatan belajar mengajar, hasil belajar siswa masih rendah, dan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku. Oleh karena itu peneliti berusaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery Learning. Metode penelitian yang dilakukan oleh penelitian yang berupa penelitian tindakan kelas (PTK), karena dengan tujuan untuk merefleksi dan memperbaiki proses pembelajaran sehingga adanya peningkatan hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 pembelajaran. Adapun hasil penelitian siklus I hasil belajar siswa dengan presentase ketuntasan aspek kognitif mencapai 51,7%, aspek afektif ada 2 yaitu sikap peduli mencapai 44,8%, sikap santun 34,4%, aspek psikomotor 42,3%, dan belum mencapai target. Pada siklus II hasil belajar aspek kognitif mencapai 72,4%, aspek afektif sikap peduli mencapai 65,5%, sikap santun 79,3%, dan sikap psikomotor 79,3%, adapun pada siklus ini mengalami peningkatan dan sudah mencapai target. Pada siklus III hasil belajar aspek kognitif mencapai 100%, aspek afektif sikap peduli dan santun mencapai 100%, aspek psikomotor 100% dan pada siklus ini sudah mencapai target yang sudah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema keberagaman budaya bangsaku di kelas IV SDN Cibiru II. Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran tematik. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Sep 2018 06:39
Last Modified: 12 Oct 2018 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/36027

Actions (login required)

View Item View Item