PENGGUNAAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG

LINDA AKMALIAH, 145040059 (2018) PENGGUNAAN MODUL INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI DI SMA PASUNDAN 3 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover revisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK indonesia.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT inggris(1).pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (668kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Belajar adalah suatu tujuan untuk merubah seseorang atau individu menjadi lebih baik dengan kegiatan yang dilakukan melalui alat indra dan pengalamanya dengan secara sadar dapat meningkatkan pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan membuktikan bahwa penggunaan modul interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sel kelas XI. Metode penelitian One-Group Pretest-Posttest Design yaitu peneliti ingin mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan modul interaktif yang diukur berupa t es yaitu dengan soal pilihan ganda dan non tes berupa penilaian afektif dan psikomotor. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 2 di SMA Pasundan 3 Bandung yang diberikan soal berupa tes objektif sebanyak 20 soal pilihan ganda sebagai tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) untuk mengukur kemampuan siswa sebelum dan setelah diberi perlakuan dengan penggunaan modul interaktif pada materi sel. Hasil peneli tian dari data pretest dan posttest nilai rata-rata pretest sebesar 44.44 dan posttest sebesar 75.93. Peneliti melakukan uji hipotesis dimana hasil pretest dan posttest terdapat perbedaan yang signifikan yang terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan penggunaan modul interaktif pada materi sel , dari uji hipotesis didapat t tabel nilai t tabel 0.000 < 0.05. Peningkatan hasil belajar siswa terjadi juga dalam ranah afektif dan psikomotor , pada ranah afektif diperoleh nilai rata-rata 85.64 dan ranah psikomot diperoleh nilai rata-rata 85.18. Kata kunci : Hasil belajar siswa , Modul Interaktif, Materi Sel

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 06 Sep 2018 02:04
Last Modified: 06 Sep 2018 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35948

Actions (login required)

View Item View Item