PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan kelas Pada Kelas IVA SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung)

Elma Noviana, 145060233 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SUBTEMA KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU (Penelitian Tindakan kelas Pada Kelas IVA SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ELMA.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 ELMA.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 ELMA.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
BAB 4 ELMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 ELMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model discovery learning yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A SDN Martadinata Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung pada subtema keberagaman budaya bangsaku dengan tema indahnya kebersamaan. Yang dihadapi pada subtema ini adalah pembelajaran yang disajikan oleh guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu metode ceramah, proses pembelajaran ini hanya berpusat pada guru tanpa melibatkan siswa sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran. Model discovery learning berguna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan desain penelitian Kemmis and Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dan kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan tahap – tahap discovery learning. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik observasi, hasil tes (postes), angket, dan dokumentasi. pembelajaran Ini terbukti dari hasil belajar yang diperoleh persiklusnya yaitu : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil 3,4, siklus II sebesar 3,65, dan siklus III menjadi 3,65. Pelaksanaan Pembelajaran pada siklus I memperoleh hasil sebesar 3,41, siklus II mencapai 3,72, dan siklus III menjadi 3,75. Sikap peduli pada siklus I mencapai 47%, siklus II sebesar 73%, dan siklus III meningkat mencapai 90%. Hasil belajar siklus I mencapai 47%, siklus II sebesar 70%, %, dan siklus III meningkat mencapai 93%. Melihat hasil yang dicapai membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning yang digunakan sudah berhasil. Terbukti dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 05 Sep 2018 06:40
Last Modified: 05 Sep 2018 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35932

Actions (login required)

View Item View Item