PENGARUH KAPITALISME GLOBAL TERHADAP KETERGANTUNGAN INDONESIA KEPADA INTERNATIONAL MONETERY FUND (IMF): SUATU TINJAUAN ANALITIS PERKAITAN PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA DALAM SKEMA POST PROGRAM MONITORING (PPM)

Rama Jaya Laksono, 022030197 (2018) PENGARUH KAPITALISME GLOBAL TERHADAP KETERGANTUNGAN INDONESIA KEPADA INTERNATIONAL MONETERY FUND (IMF): SUATU TINJAUAN ANALITIS PERKAITAN PEMULIHAN EKONOMI INDONESIA DALAM SKEMA POST PROGRAM MONITORING (PPM). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB I.doc

Download (207kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.doc

Download (21kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (119kB)
[img] Text
ABSTRAK.doc

Download (39kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.doc

Download (43kB)
[img] Text
COOVER SKRIPZ.doc

Download (51kB)

Abstract

ABSTRAK Krisis keuangan Asia yang bermula sejak pertengahan tahun 1997, terjadi pada saat perekonomian di pasar negara-negara yang sedang berkembang baru berusaha beradaptasi dengan aliran modal global, dan mulai membangun kebijakan ekonomi yang lebih berorientasi pasar. Krisis ini diyakini disebabkan oleh sejumlah faktor. Serangan spekulatif terhadap sejumlah mata uang Asia merupakan pemicu, namun mendalamnya efek penularan dari negara-negara bertetangga sangat menentukan pada saat terjadi arus balik aliran modal. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran serta pemahaman tentang pengaruh kapitalisme global terhadap ketergantungan Indonesia kepada hutang luar negeri khususnya IMF dan Bank Dunia pasca kerjasama dengan IMF sebagai salah satu upaya pemerintah untuk memulihkan perekonomian Indonesia yang jatuh terpuruk akibat krisis Asia pada 1997, yang mengakibatkan Indonesia terkena dampak yang sangat parah dikarenakan lemahnya kondisi perekonomian Indonesia pada saat itu, sehingga nilai tukar mata uang Indonesia merosot dengan tajamnya dan naiknya harga-harga termasuk BBM dan Sembako yang berimbas langsung terhadap masyarakat Indonesia. Dengan pendekatan globalisme, penelitian ini melihat Capitalist World System sebagai titik awal dan memfokuskan pada hubungan ketergantungan dalam ekonomi politik global sehingga sampai pada perumusan hipotesis: Kapitalisme global yang menuntut keseragaman perekonomian negara-negara dalam bentuk liberalisasi, deregulasi, dan privatisasi terus melanggangkan ketergantungan Indonesia Kepada IMF bahkan setelah berakhirnya kerjasama pemulihan ekonomi Indonesia dalam skema PPM (2003-2004). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis Pengujian Hipotesis dilakukan berdasarkan fakta dan data empirik yang dikumpulkan melalui studi kepustakaan atau literatur dan melalui media-media massa yang ada serta informasi-informasi yang diperoleh penulis dari Internet. Garis besar atau kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa Kapitalisme Global sangat berpengaruh langsung terhadap Ketergantungan Indonesia kepada IMF walaupun setelah diakhirinya Program Kerjasama Pemulihan Ekonomi Indonesia dalam Skema Post Program Monitoring 2003. Selanjutnya mengenai PPM sebagai opsi yang dinilai paling jitu untuk mengakhiri program kerjasama denga IMF ternyata masih belum mampu memulihkan kondisi perekonomian Indonesia dari tahun ke tahun hingga sekarang ini. Namun setidaknya apabila pemerintah tidak mengambil opsi ini maka tidak tahu apa yang terjadi terhadap kondisi ekonomi sekarang ini, hal ini terlihat pada langkah pemerintah yang akhirnya mengambil pilihan PPM sebagai jalan keluar yang dirasa cukup ideal bagi Indonesia pada saat itu, namun hasilnya bisa kita lihat tidaklah terlalu sesuai dengan apa yang diharapkan pemerintah Indonesia sebelumnya. Kata Kunci: Kapitalisme Global, Pemulihan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2018
Depositing User: Mr Iwan Ridwan Iwan
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:28
Last Modified: 29 Aug 2018 07:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/35826

Actions (login required)

View Item View Item