JURNAL TESIS KOMUNIKASI POLITIK CALON WALIKOTA CIREBON (Studi Dramaturgi Calon Walikota Drs. Nasrudin Azis SH Pada Pilkada Kota Cirebon Tahun 2018)

ANTON SULAIMAN, NPM : 158080022 (2018) JURNAL TESIS KOMUNIKASI POLITIK CALON WALIKOTA CIREBON (Studi Dramaturgi Calon Walikota Drs. Nasrudin Azis SH Pada Pilkada Kota Cirebon Tahun 2018). Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Anton.docx

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performance Komunikasi Politik Calon WalikotaCirebon Drs. Nasrudin Azis pada pilkada serentak 2018 dengan menggunakan presfektif Dramaturgi. Peneliti membedahperformance komunikasi politik Drs. Nasrudin Azis, adakah perbedaan antara panggung depan dan panggung belakang, serta meneliti dampak performance komunikasi politik tersebut. Performance aktor sangat berperan penting dan menjadi perhatian penulis. Penampilan seseorang digunakan untuk mempertajam kepribadiannya, perwakilan dari totalitasnya karakter seorang individu. Goffman memahami bahwa diri aktor bukan sepenuhnya sebagai milik si aktor itu namun sebagai produk interaksi dramatis antara aktor dengan audien.Teori Dramaturgis Erving Goffman menekankan bahwa dalam interaksi kesehariannya, seseorang selalu berperilaku tidak sama.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan dramaturgis. Penelitian ini mengembangkan konsep dan menghimpun fakta, tetapi tidak melakukan pengujian hipotesa. Para politisi harus dapat menangkap apa yang terdapat dalam pikiran orang lain (rakyat) sehingga apa yang ditampilkan mampu memberikan kesan positif sehingga berdampak positif juga pada sang politisi. Dramaturgis mampu memberikan penjelasan mengenai apa yang dilakukan politisi untuk membangun interaksi tersebut, dan Dramaturgi mampu mengupas karakter sebenarnya dari sang aktor politik, lewat keseharian dengan masyarakan atau dengan orang-orang terdekatnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Performance komunikasi politik seorang Nasrudin Azis di panggung depan melalui Kemasan ”Sapa Warga”, mampu merangkul semua kalangan, Drs. Nasrudin Azis selalu menampilkan gaya cium tangan kepada tokoh masyarakat juga membentuk asumsi kuat bagi masyarakat bahwa Nasrudin Azis tidak merasa jumawa karena seorang politisi dan Kepala Daerah. 2) Performance Panggung Belakang Nasrudin Azis didepan tim sangat humoris dan hal tersebut tidak pernah ditampilkan di publik. 3) Dampak performance komunikasi politik pertama adalah terhadap masyarakat, permasalahan yang terlihat adalah inkonsistensi Nasrudin Azis terhadap jadwal kegiatan, harapan dan Kepercayaan yang diberikan masyarakat akan meluntur dan berakibat pada tidak memilihnya Nasrudin Azis di pemilihan walikota Cirebon 2018. Kedua ketidak konsistenan seorang Nasrudin Azis pada jadwal yang sudah tim inti buat akan berdampak pada performa tim dilapangan. Kata Kunci :Dramaturgi, Acting, Performance, Komunikasi Politik, Drs. Nasrudin Azis, Pilkada

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 25 Jul 2018 03:54
Last Modified: 25 Jul 2018 03:54
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34256

Actions (login required)

View Item View Item