MODEL PENJADWALAN SUPPLY IN-OUT GUDANG DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN DAN TATA LETAK GUDANG DI PT. ADIS DINAMIKA SENTOSA

Esa Pratiwi, NPM : 158030010 (2018) MODEL PENJADWALAN SUPPLY IN-OUT GUDANG DENGAN MEMPERTIMBANGKAN KEBIJAKAN PERSEDIAAN DAN TATA LETAK GUDANG DI PT. ADIS DINAMIKA SENTOSA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Esa Pratiwi.docx

Download (22kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sistem material handler yang efektif pada pengiriman raw material dan upper, menetapkan kebutuhan jumlah alat angkut yang digunakan berdasarkan kapasitas produksi, membuat sistem pengangkutan dan pemindahan raw material dan upper yang memberikan output berupa penjadwalan pengiriman raw material dan upper dalam satu sequence per setiap pengiriman. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode antrian dan algoritma Campbell. Pengambilan data primer terdiri dari sistem material handler yang diterapkan berdasarkan kapasitas produksi, waktu kedatangan raw material dan upper serta waktu pengangkutan ke gudang yang meliputi waktu muat, pengiriman dan bongkar. Dari hasil analisis antrian pengangkutan upper dan raw material membutuhkan 3 server (alat angkut) dengan tingkat pelayanan upper 15 % dan idle time 85% dari waktunya (1–P) sedangkan pada tingkat pelayanan raw material 75 % waktunya dengan idle time 25%. Selanjutnya hasil akhir dari analisis antrian diolah dengan menggunakan metode Champbell,Dudek, dan smith (CDS) dihasilkan makespan 115.99 menit. Kata kunci:material handler, teori antrian, Champbell,Dudek, dan smith (CDS).

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 20 Jul 2018 05:11
Last Modified: 20 Jul 2018 05:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34211

Actions (login required)

View Item View Item