PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

ABDUL MUGNI, NPM : 168060040 (2018) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
abdul mugni.docx

Download (23kB)

Abstract

Abstrak : Penelitian mix method dengan tipe embedded design ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan dan perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis antara siswa yang mendapatkan model discovery learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Persis Pasirwangi dengan sampel sebanyak dua kelas, yaitu: kelas VII-C yang menggunakan model discovery learning dan kelas VII-D yang menggunakan pembelajaran Konvensional. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian: tes kemampuan pemahaman matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Dari hasil analisis penelitian diperoleh : 1). Tidak adanya perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa antara siswa yang mendapatkan model discovery learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional, 2). Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara siswa yang mendapatkan model discovery learning dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional ditinjau dari KAM ( Tinggi, Sedang, dan Rendah), 3).Effect size dari pembelajaran discovery learning terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan kemampuan pemecahan masalah matematis tergolong kedalam kategori sedang. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Discovery Learning, Effect Size.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:59
Last Modified: 13 Jul 2018 06:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34155

Actions (login required)

View Item View Item