ANALISIS KEUANGAN MENGUKUR TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada PT. PINDAD (Persero) Periode 2014-2016)

Zahra Kurnia Putri, 142040097 (2018) ANALISIS KEUANGAN MENGUKUR TINGKAT LIKUIDITAS DAN PROFITABILITAS (Studi Kasus Pada PT. PINDAD (Persero) Periode 2014-2016). Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)
[img] Text
BAB I NEW (BARU).docx

Download (36kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (26kB)
[img] Text
BAB II NEW (BARU).docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (13kB)
[img]
Preview
Image
lembar pengesahan scan.jpg

Download (225kB) | Preview
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx

Download (14kB)

Abstract

PT.PINDAD (Persero) Bandung adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang penyediaan alat berat dan amunisi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti menemukan permasalahan yaitu naik turunnya persediaan, laba, kas, hutang lancar selama periode 2014-2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan berupa wawancara dan observasi non partisipan. Untuk analisis data yang digunakan dengan teknik analisa rasio keuangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian selama 3 periode diperoleh hasil sebagai berikut: rasio likuiditas periode 2014-2016 terjadi fluktuasi dan perusahaan mampu mencapai standar rasio likuiditas minimum yang ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik negara Nomor: PER-100/MBU/2014 yang artinya baik bagi perusahaan walaupun di salah satu rasio menunjukkan ketidakmampuan perusahaan membayar hutang jangka pendeknya dikarenakan masih ada kas dalam aktiva lancar yang sulit dicairkan dalam waktu dekat. Sedangkan untuk rasio profitabilitasnya terjadi fluktuasi dan tidak mampu mencapai standar rasio profitabilitas minimum yang ditentukan berdasarkan Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik negara Nomor: PER-100/MBU/2014. Faktor yang mempengaruhi hal tersebut adalah belum adanya penerapan kebijakan piutang yang telah disepakati agar dipatuhi oleh pelanggan, tidak adanya perencanaan dan pengendalian persediaan yang disesuaikan dengan permintaan pasar, tidak adanya pengendalian dalam biaya yang digunakan untuk mengkoordinasikan kegiatan produksi dan pemasaran produk dankurang baiknya perusahaan merencanakan anggaran yang tepat sesuai permintaan pasar. Saran yang dapat peneliti kemukakan adalah sebaiknya perusahaan membuat kebijakan piutang yang jelas seperti termin waktu pelunasan, pemberitahuan tanggal jatuh tempo dan sebagainya, memperbaiki tingkat likuiditas dan profitabilitasnya seperti mengelola manajemen perusahaan, menyesuaikan pembelian bahan baku sehingga menghindari penumpukan, menekan hutang-hutang perusahaan yang cukup tinggi agar beban bunga berkurang dan mengoptimalkan pemanfaatan aktiva lancar untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar tiap tahunnya. Kata Kunci: Likuiditas dan Profitabilitas

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 07 Jun 2018 04:08
Last Modified: 07 Jun 2018 04:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34083

Actions (login required)

View Item View Item