PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA

WIDA FARIDA, NPM : 158060011 (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA MENGEMBANGKAN SELF-EFFICACY PESERTA DIDIK SMA. Thesis(S2) thesis, Perpustakaan Pascasarjana.

[img] Text
ARTIKEL WIDAFARIDA.158060011.docx

Download (29kB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmenerapkan model cooperative learning tipeteam assisted individualization (TAI) yang dapatmeningkatkankemampuanpenalaran dan komunikasimatematissertamengembangkanself efficacypesertadidikdalampelaksanaanbelajarmaupunhasildari proses pembelajaran. Penelitian yang digunakanadalahmixed methods (dipadukansecarakualitatif dan kuantitatif pada pengkorelasianantaravariabel), denganconvergen design di mana penelitisecarabersamaanmengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif, dan kemudianmenafsirkanhasilnyabersama-samauntukmemberikanpemahaman yang lebihbaik. Instrumen yang digunakanberupasoalteskemampuanpenalaran dan komunikasi, angketself efficacy, lembarobservasi guru dan pesertadidik, juga wawancara. Berdasarkanhasilpenelitian yang dilaksanakansebanyak Sembilan kali pertemuan di kelas XI MIPA SMA Al Falah Kota Bandung menunjukkanbahwa : 1) penerapan model cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI) dapat meningkatkankemampuanpenalaranpesertadidik; 2) penerapan model cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI) dapat meningkatkankemampuankomunikasipesertadidik; 3) kemampuanpenalaran dan komunikasimatematisselamapembelajaranberlangsungdapatdiatasidenganbaik, dan adapeningkatan pada setiappertemuan; 4) perkembanganself-eficacypesertadidikselamaprosespembelajaranmatematikadenganpenerapanmodel cooperative learningtipe Time Assisted Individualization(TAI)berada pada kategorisedang,baiksecarakeseluruhanmaupunberdasarkandimensimagnitude, strength, dan generality; 5) terdapathubungan yang positifantarakemampuanpenalaran dan kemampuankomunikasimatematisdenganself efficacypesertadidik; 6) kendala yang dihadapipesertadidikdalammenyelesaikanteskemampuanpenalaran dan komunikasimatematisbisadiatasidalambataspencapaiankriteriaketuntasan minimal yang sudahditetapkan pada awalpenelitian dan didakanevaluasidalamsetiappertemuannya. Model cooperative learning tipeteam assisted individualization (TAI) dapatdijadikanalternatifdalampembelajaranuntukmeningkatkankemampuanmatematisterutamadalammemecahkanmasalahmatematika, karenadengandiskusibisameningkatkankemampuanpesertadidiksertamerasayakindapatmenyelesaikannya. Kata Kunci : KemampuanKomunikasi, KemampuanPenalaran, Model Cooperative LearningtipeTeam Assisted Individualization (TAI), Self-Efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati
Date Deposited: 31 May 2018 02:43
Last Modified: 31 May 2018 02:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34053

Actions (login required)

View Item View Item