Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Pemerintah Kota Bandung Melalui Media Sosial

Charisma Asri Fitrananda, NIDN. 0427058902 and Qisthy Rabathy, NIDN. 0416108901 (2018) Kampanye Iklan Layanan Masyarakat Pemerintah Kota Bandung Melalui Media Sosial. In: Menuju Indonesia Digital ; Komunikasi, Digitalisasi dan Masa Depan Industri Kreatif. Commits, Bandung, pp. 25-39. ISBN 978-602-51419-2-8

[img]
Preview
Image
2018-05-24 14-10-48_0409.jpg

Download (673kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kampanye Iklan Layanan Masyarakat.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kampanye Iklan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Peer Review (1).pdf

Download (243kB) | Preview

Abstract

Kota Bandung menjadi salah satu kota dengan tingkat banjir yang tinggi di Indonesia, yang diakibatkan karena masalah iklim dan kurangnya dukungan infrastruktur kota. Tidak hanya itu, kerusakan lingkungan dan perilaku masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan sekaligus menjadi penyumbang masalah banjir di Kota Bandung. Dan salah satu kebiasaan yang paling sulit dihilangkan oleh warga Bandung adalah membuang sampah ke sungai. Karena itu, Pemerintah Kota Bandung membuat iklan layanan masyarakat Campaign: Keep Bandung’s River Clean untuk mendidik warga tentang pentingnya menjaga kebersihan sungai melalui media sosial. Peneliti tertarik untuk mempelajari tentang iklan layanan masyarakat Campaign: Keep Bandung’s River Clean yang dibuat oelh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) Pemerintah Kota Bandung yang diunggah di media sosial dan mengetahui bagaimana cara untuk membangun mekanisme perancangan iklan layanan tersebut dalam mengatasi perilaku masyarakat yang membuang sampah ke sungai. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya bagi warga Kota Bandung untuk mengambil tindakan dalam mengubah perilaku membuang sampah ke sungai yang dapat menyebabkan banjir di Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian ini menyarankan suatu gagasan atau pemahaman tentang bagaimana dan mengapa suatu gejala atau kenyataan itu terjadi. Penelitian ini meliputi teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan pengembangan aplikasi Multimedia Development Life Cyle (Luther, 1994) yang memiliki enam tahap: konsep, desain, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian dan distribusi. Kata kunci: iklan layanan masyarakat, pemerintah kota, media sosial

Item Type: Book Section
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2018
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 24 May 2018 07:24
Last Modified: 30 Nov 2021 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34032

Actions (login required)

View Item View Item