IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE DITINJAU BERDASARKAN GENDER

Diah Pertiwi, NPM. 168060034 (2018) IMPLEMENTASI MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SERTA SELF CONFIDENCE DITINJAU BERDASARKAN GENDER. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
jurnal fix_Diah Pertiwi MPM - Copy.docx

Download (20kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, serta Self Confidence siswa. Diprediksi bahwa dengan model Flipped Classroom dapat membantu siswa mempengaruhi kemampuan pmecahan masalah dan komunikasi matematis, serta Self Confidence siswa lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Flipped Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Konvensional ditinjau dari keseluruhan dan gender. 2) kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model Flipped Classroom lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran Konvensional ditinjau dari keseluruhan dan gender. 3) Self-Confidence siswa yang menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran Flipped Classroom dan siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional ditinjau dari keseluruhan dan gender. 4) hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan komunikasi matematis serta Self-Confidence siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Method) tipe Embedded Design dengan jenis Embedded experimental model. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 4 Cimahi dan sampelnya yaitu siswa kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis dan instrumen non tes yaitu lebar observasi dan angket Self Confidence. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model Flipped Classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional ditinjau dari keseluruhan dan gender; 2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model Flipped Classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional apabila ditinaju dari keseluruhan, akan tetapi apabila ditinjau dari gender peningkatan kemampuan matematis siswa yang menggunakan model Flipped Classroom tidak lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional; 3) Self Confidence siswa yang menggunakan model Flipped Classroom lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional, sedangkan dilihat dari gender siswa laki-laki lebih unggul dibandingan siswa perempuan; 4) Terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dengan komunikasi matematis, dan tidak terdapat korelasi antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan Self Confidence, serta tidak terdapat korelasi antara kemampuan komunikasi matematis dengan Self Confidence Kata Kunci: Model Flipped Classroom; kemampuan pemecahan masalah matematis; kemampuan komunikasi matematis; Self Confidence

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 18 May 2018 05:40
Last Modified: 18 May 2018 05:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/34016

Actions (login required)

View Item View Item