EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN SERTIFIKASI KEAHLIAN DAN SERTIFIKASI PENDIDIK BAGI GURU SMA / SMK (STUDI KASUS PADA PPPPTK BMTI BANDUNG TAHUN ANGGARAN 2017)

Wajar Setiyani, NPM. 158020068 (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM PELATIHAN SERTIFIKASI KEAHLIAN DAN SERTIFIKASI PENDIDIK BAGI GURU SMA / SMK (STUDI KASUS PADA PPPPTK BMTI BANDUNG TAHUN ANGGARAN 2017). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
JURNAL TESIS fix - Copy.docx

Download (28kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji urgensi program sertifikasi keahlian dan sertifikasi pendidik, mengkaji kesiapan penyelenggaraan pelatihan, mengkaji efektifitas pelatihan dengan melihat perubahan persepsi dan kompetensi peserta sebelum dan sesudah, menganalisis kendala yang dihadapi peserta pelatihan pada Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Bidang Mesin Dan Teknik Industri (PPPPTK BMTI). Metode penelitian ini menggunakan metode campuran pendekatan kualitataif dan kuantitatif dengan desain penyisip (the embedded design), melalui teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi, studi pustaka dan kuesioner. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, mendeskripsikan data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk pelaksanaan program pelatihan sertifikasi pendidik bagi guru SMK/SMA sudah efektif dengan melihat tanggapan reponden mengenai efektifitas, program pelatihan dan kompetensi didapatkan hasil dalam kategori setuju. (1) Aspek proses masih belum tercapai secara maksimal (2) Dilakukan standar operasional prosedur yang digunakan dalam semua pelatihan (3) Terdapat peningkatan kompetensi peserta setelah mengikuti pelatihan (4) Jaringan internet menjadi kendala dalam pelatihan. Kata kunci: Desain Penyisip, Efektivitas Program Pelatihan, Kompetensi

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 26 Feb 2018 06:48
Last Modified: 26 Feb 2018 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33590

Actions (login required)

View Item View Item