PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SERTA SELFT REGULATED LEARNING SISWA SMP

ANTONIUS RIO BARUNO, NPM. 156080025 (2018) PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN REPRESENTASI MATEMATIS SERTA SELFT REGULATED LEARNING SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL_ANTONIUS RIO BARUNO MPM - Copy.docx

Download (96kB)

Abstract

Tujuan utama dari pembelajaran matematika disetiap jenjang pendidikan adalah terciptanya kemampuan peserta didik yang tercermin dalam kemampuan berfikir kritis, logis, sistematis dan memiliki sifat objektif serta displin dalam memecahkan suatu permasalahan matematik. Pemecahan masalah gdan representasi matematik merupakan konsep belajar yang tingkatnya paling tinggi dibandingkan dengan tipe belajar lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memecahkan permasalahan permasalahan dan representasi matematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematik yang lebih baik antara siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan pembelajaran Contextual Learning and Teaching dan siswa yang melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan konvensional serta dampaknya terhadap Selft Regulated Learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan representasi matematis serta angket Selft Regulated Learning . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Sabta Angela Bandung. Sedangkan sampel diambil dua kelas secara acak menurut kelas. Metode penelitian ini merupakan quasi eksperimen menggunakan strategi Mixed Method. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut ; (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang belajar dengan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (2) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar dengan Contextual Teaching and Learning lebih baik daripada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional, (3) Self regulated learning siswa yang belajar dengan Contextual Teaching and Learning lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional., (4) Gambaran self regulated learning matematis siswa dengan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan konvensional (5) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis siswa. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis serta Self regulated learning siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Feb 2018 07:29
Last Modified: 21 Feb 2018 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33478

Actions (login required)

View Item View Item