Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ma-tematis serta Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa

Arini Tresna Dewi, NPM. 158060040 (2018) Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ma-tematis serta Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
artikel Arini 158060040.docx

Download (27kB)

Abstract

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya ke-mampuan siswa dalam memecahkan masalah (soal cerita), khusususnya soal non rutin hal tersebut disebabkan salah satunya karena kelemahan siswa dalam aspek-aspek kemampuan berpikir kreatif yang diperlukan un-tuk memecahkan masalah. Selain itu motivasi belajar matematika masih sangat rendah. Untuk mengatasi itu diperlukan model pembelajaran yang seseuai salah satunya adalah model pemebelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).Penelitian mix method dengan judul penelitian “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assited Individualization) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kreatif Matematis serta Dampaknya terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 18 Bandung tahun pelajaran 2017/2018 yaitu siswa semester satu kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperi-men dan kelas XI IPS 4 sebagai Kelas kontrol. Hasil penelitian yang didapat adalah 1) peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik daripada siswa yang meperoleh pem-belajaran konvensional ditinjau dari KAM; 2)peningkatan motivasi belajar siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih baik daripada siswa yang meperoleh pem-belajaran konvensional; 3) terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan motivasi belajar; Kata kunci: Pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization, ber-pikir kreatif matematis, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Feb 2018 07:02
Last Modified: 31 May 2018 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33181

Actions (login required)

View Item View Item