PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SERTA HUBUNGANNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA

SAMARA DUISHENOVA, NPM. 168060039 (2018) PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SERTA HUBUNGANNYA TERHADAP DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
artikel SAMARA 168060039.docx

Download (38kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (24kB)
[img] Text
3. ABSTRACT.docx

Download (22kB)
[img] Text
4. BAB I-II-III-IV-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] Text
5. DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dibandingkan dengan meggunakan model pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan Metode Campuran (Mixed Methode) tipe penyisipan (Embedded Design). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas dengan sampel kelas XI C sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pendekatan CTL dan kelas XI D sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan berupa soal tes kemampuan pemahaman dan komunikasi serta skala disposisi siswa. Temuan penelitian ini adalah: (1) Pencapaian dan peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan siswa yang pembelejarannya menggunakan pembelajaran pendekatan CTL berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (KAM) kategori unggul dan asor. (2) Pencapaian dan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional lebih baik dibandingkan siswa yang pembelejarannya menggunakan pembelajaran pendekatan CTL berdasarkan Kemampuan Awal Matematika (KAM) kategori unggul dan asor. (3) Tidak terdapat korelasi antara pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran CTL dan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM kategori unggul dan asor. (4) Tidak terdapat hubungan antara disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan CTL maupun dengan pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Contextual Teaching and Learning, Kemampuan Pemahaman, Kemampuan Komunikasi, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 20 Feb 2018 06:33
Last Modified: 05 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item View Item