PENGARUH LEVERAGE DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (SUATU STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015)

IKA SULISTIYONINGSIH, 144020409 and Pembimbing I, Dr. Atang Hermawan., SE., MSIE., AK and Pembimbing 2, Isye Siti Aisyah SE.,MSi.,Ak.,CA) (2017) PENGARUH LEVERAGE DAN UMUR PERUSAHAAN TERHADAP MANAJEMEN LABA SERTA DAMPAKNYA TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (SUATU STUDI PADA PERUSAHAAN OTOMOTIF YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2013-2015). Skripsi(S1) thesis, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I IKA REVISI.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II IKA REVISI.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III IKA REVISI.pdf

Download (588kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://fe.unpas.ac.id/

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Leverage dan Umur Perusahaan terhadap Manajemen Laba serta Dampaknya terhadap Nilai Perusahaan”. Manajemen laba membuat informasi dalam laporan keuangan menjadi terlihat bagus. Dalam manajemen laba perusahaan dapat menunda pengungkapan. Perusahaan dengan tingkat leverage yang tinggi memiliki resiko yang tinggi, sehingga dimungkinkan melakukan manajemen laba, dan perusahaan yang baru berdiri dimungkinkan melakukan manajemen laba untuk meningkatkan kepercayaan investor sehingga nilai perusahaan akan naik. Tujuan penulis melakukan penelitian ini antara lain, untuk mengetahui pengaruh leverage yang diukur dengan debt to asset ratio, dan umur perusahaan secara parsial terhadap manajemen laba. Dan dampak manajemen laba terhadap nilai perusahaan. Serta untuk mengetahui pengaruh leverage dan umur perusahaan terhadap manajemen laba serta dampaknya terhadap nilai perusahaan secara simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling, sampel diambil dengan teknik sampling jenuh sehingga yang dijadikan populasi 13 perusahaan dan sampel yang diambil adalah 13 perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linear sederhana dan linier berganda serta uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa manajemen laba secara parsial tidak berpengaruhi leverage sebesar 6,2% dan umur perusahaan berpengaruh sebesar 18,7%. Nilai perusahaan tidak dipengaruhi manajemen laba sebesar 2,4%. Setelah dilakukan uji-t pada leverage dan memperoleh nilai thitung sebesar 1,426 yang berarti leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba. Uji-t yang dilakukan pada umur perusahaan mendapat nilai thitung sebesar 2,674 yang berarti umur perusahaan berpengaruh terhadap manajemen laba. Sedangkan Uji-F secara simultan leverage dan umur perusahaan tidak berpengaruh terhadap manajemen laba serta dampaknya terhadap nilai perusahaan. Kata kunci: leverage, umur perusahaan, manajemen laba dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi 2014
Depositing User: nining widianingsih
Date Deposited: 17 Feb 2018 04:23
Last Modified: 17 Feb 2018 04:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33106

Actions (login required)

View Item View Item