PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUB TEMA 2 (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Solokan Garut Desa/Kecamatan Solokan jeruk Kabupaten Bandung)

Ardi Suryadi, 135060023 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 2 SUB TEMA 2 (Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Solokan Garut Desa/Kecamatan Solokan jeruk Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya percaya diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran kelas IV pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 2 manfaat energi. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Objek penelitian adalah kelas IV SD Negeri Solokan Garut, sebanyak 20 orang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Hasil penelitian pada siklus I untuk persentase rasa percaya diri siswa hanya mencapai 20% dari jumlah keseluruhan siswa, pada siklus II persentase percaya diri siswa mencapai 50% dari jumlah keseluruhan siswa dan pada siklus III persentase motivasi siswa mencapai 90% dari keseluruhan siswa. Hasil belajar siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 7 orang atau sebesar 35% dari 20 siswa dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang atau sebesar 65% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 9 orang atau sebesar 45% dari 20 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM sebanyak 11 orang atau sebesar 55% dari jumlah keseluruhan siswa. Pada siklus III siswa yang mencapai KKM sebanyak 18 orang atau sebesar 90% dari 20 orang siswa dan siswa yang tidak mencapai KKM hanya 2 orang atau sebesar 10% dari jumlah keseluruhan siswa. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Solokan Garut pada tema 2 selalu berhemat energi subtema 2 manfaat energi. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Percaya Diri, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 17 Feb 2018 04:50
Last Modified: 17 Feb 2018 04:50
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33065

Actions (login required)

View Item View Item