PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF EFFICACY SISWA SMA

Marjan Taufiq, NPM : 158060033 (2018) PENDEKATAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KONEKSI MATEMATIS SERTA SELF EFFICACY SISWA SMA. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
Jurnal Tesis (Marjan Taufiq).docx

Download (29kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis peningkatan kemampun pemahaman konsep, koneksi matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan scientific dan ekspositori, dengan menggunakan mixed method tipe Embedded. Penelitian ini merupakan eksperimen semu (Quasi Eksperiment).Populasinya adalah siswa SMA Negeri 1 Sukaresmi Kabupaten Cianjur Kelas XI, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 7 dan kelas XI IPA 2.Dalam penelitian ini kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan pendekatan scientific dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran ekspositori.Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis, angket self-efficacay, pedoman observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa 1) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa yang memperoleh pembelajaran menggunkan pendekatan scientific lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori ditinjau dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa dengan kategori tinggi, sedang dan rendah, 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunkan pendekatan scientific tidak lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori ditinjau dari kategori Kemampuan Awal Matematis (KAM) siswa dari kategori tinggi, sedang dan rendah, 3) Self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan scintific lebih baik dari pada self-efficacy siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, 4) a. Tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep dan koneksi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran pendekatan scientific, b. Tidak terdapat hubungan antara kemampuan pemahaman konsep dan self- efficacy siswa yang mendapatakan pembelajaran pendekatan scientific, c. Tidak terdapat hubungan antara kemampuan koneksi matematis dan self- efficacay siswa yang mendapatkan pembejaran pendekatan scientific, 5) Hasil analisis skala self-efficacy siswa, secara umum self-efficacy siswa kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan scientific lebih baik dari pada self-efficacy siswa pada kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Kata kunci :Pendekatan Scientific, Pemahaman Konsep, Koneksi Matematis, dan Self-efficacy

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2018
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 12 Feb 2018 08:28
Last Modified: 12 Feb 2018 08:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33029

Actions (login required)

View Item View Item