IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada siswa Kelas X SMKN 11 BANDUNG dengan Materi Pokok Model dan Pelaku Ekonomi)

Dahliani 125020065, 125020065 (2018) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE DISCOVERY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada siswa Kelas X SMKN 11 BANDUNG dengan Materi Pokok Model dan Pelaku Ekonomi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini berjudul : “Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dengan Metode Discovery Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa (Studi eksperimen Mata Pelajaran Ekonomi Pada siswa Kelas X SMKN 11 BANDUNG dengan Materi Pokok Model dan Pelaku Ekonomi)”. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kondisi kelas saat diterapkan model pembelajaran, (2) Untuk mengetahui motivasi awal belajar siswa kelas X di SMKN 1 Bandung, (3) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan model model pembelajaran kontekstual metode discovery, (4) Untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa yang lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual metode discovery. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi atau eksperimen semu dengan satu kelas eksperimen dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi, dengan teknik pengolahan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, Hipotesis penelitian berbunyi “Implementasi model pembelajaran kontekstual metode discovery (X) berpengaruh positif terhadap motivasi belajar peserta didik (Y).. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 11 Bandung, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas X Akuntansi 1 sebagai kelompok eksperimen sedangkan kelas X Akuntansi 2 sebagai kelompok kontrol, masing-masing sebanyak 36 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari penyebaran angket. Gambaran motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi 1 berada pada kategori tertinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual metode discovery berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Negeri 11 Bandung. Kata kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Metode Discovery, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 12 Feb 2018 02:48
Last Modified: 12 Feb 2018 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/33014

Actions (login required)

View Item View Item