PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Bojongloa 6 Kota Bandung)

Candra Okta Prayoga, 135060096 (2018) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PEKERJAAN DI SEKITARKU (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Bojongloa 6 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (741kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada subtema Pekerjaan di Sekitarku pada siswa kelas IV SDN Bojongloa 6 Kota Bandung dengan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan dalam kegiatan observasi yaitu menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kurang, proses pembelajaran yang kurang bermakna membuat siswa kesulitan dalam memahami materi, pola pembelajaran yang masih tradisional, pendidik kurang kreatif dalam memilih model pembelajaran yang membuat pembelajaran menjadi monoton. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Arikunto dengan tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Selain meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning juga dapat meningkatkan sikap percaya diri pada setiap siklusnya. Untuk hasil belajar siklus I sebesar 48%, siklus II sebesar 60%, dan siklus III sebesar 85%. Serta peningkatan sikap percaya diri siswa dari setiap siklusnya, siklus I sebesar 32%, siklus II sebesar 43%, dan siklus III sebesar 82%. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema Pekerjaan di Sekitarku. Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 31 Jan 2018 06:44
Last Modified: 31 Jan 2018 06:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32731

Actions (login required)

View Item View Item