Ica Marisa, 135060202 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI. (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilangkara 01 Kabupaten Bekasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER skripsi.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (223kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (609kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (169kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Cilangkara 01 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber energi dengan pengguaan model Discovery Learning. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SDN Cilangkara 01 dengan jumlah peserta didik 35 yang terdiri atas 11 laki-laki da 24 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttes,lembar observasi sikap disiplin dan tangung jawab, lembar keterampilan berkomunikasi, lembar LKPD. Pengolahan data pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV dengan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Hasil belajar pada siklus I sebesar 60%, peserta didik mencapai KKM, pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 77,14% dan pada siklus III sebesar 91,42%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,14 (cukup), pada siklus II sebesar 74,86 (baik) dan siklus III sebesar 79,71 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Sumber energi. Kata Kunci : Model discovery learning, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, keterampilan berkomunikasi, dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Jan 2018 03:32 |
Last Modified: | 27 Jan 2018 03:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32624 |
Actions (login required)
View Item |