PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI. (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilangkara 01 Kabupaten Bekasi)

Ica Marisa, 135060202 (2018) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUMBER ENERGI. (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Cilangkara 01 Kabupaten Bekasi). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER skripsi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SDN Cilangkara 01 Kecamatan Serang Baru Kabupaten Bekasi dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti mengambil Tema Selalu Berhemat Energi Subtema Sumber energi dengan pengguaan model Discovery Learning. Objek penelitiannya adalah peserta didik kelas IV SDN Cilangkara 01 dengan jumlah peserta didik 35 yang terdiri atas 11 laki-laki da 24 perempuan. Instrument penelitian yang dipakai berupa tes peningkatan hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, diantaranya lembar pretest dan posttes,lembar observasi sikap disiplin dan tangung jawab, lembar keterampilan berkomunikasi, lembar LKPD. Pengolahan data pengumpulan data berdasarkan data yang didapatkan pada instrument tersebut. Hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan objek peserta didik kelas IV dengan model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa dari setiap siklusnya. Hasil belajar pada siklus I sebesar 60%, peserta didik mencapai KKM, pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 77,14% dan pada siklus III sebesar 91,42%. Nilai rata-rata yang didapat mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 69,14 (cukup), pada siklus II sebesar 74,86 (baik) dan siklus III sebesar 79,71 (baik). Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Subtema Sumber energi. Kata Kunci : Model discovery learning, sikap disiplin, sikap tanggung jawab, keterampilan berkomunikasi, dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Jan 2018 03:32
Last Modified: 27 Jan 2018 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32624

Actions (login required)

View Item View Item