PENERAPAN MEDIA SKETSA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 18 BANDUNG

Noviyah, NPM : 158090033 (2017) PENERAPAN MEDIA SKETSA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X SMAN 18 BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
COVER.docx

Download (48kB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (40kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dalam proses belajar mengajar. Media sketsa mampu memberikan informasi secara visual kepada siswa sehingga dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa untuk belajar dan berkonsentrasi. Hal tersebut dapat digunakan untuk memberikan dampak terhadap peningkatan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran menulis khususnya menulis teks anekdot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan media sketsa pada pembelabajaran menulis teks anekdot dan mengetahui dampak dari peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method (campuran). Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMAN 18 Bandung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berupa lembar soal, lembar observasi, angket skala sikap, serta wawancara sebagai pendukung keterlaksanaan pembelajaran penerapan media sketsa dalam pembelajaran menulis teks anekdot dan dampaknya terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Instrumen tersebut dikategorikan valid dan reliabel setelah dilakukan analisis oleh expert judgment dan uji statistik (validitas dan reliabilitas). Perhitungan penelitian ini melalui uji rata-rata kelas pretest dan posttest, jumlah nilai kelas pretest dan posttest, mengetahui nilai maksimum dan nilai minimum, dan menguji hipotesis dengan paired sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata pretest sebesar 44,37, dan rata-rata posttest sebesar 82,23. Dampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan media sketsa sesuai dengan hasil uji hipotesis gain yaitu nilai probabilitas atau Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05. Besarnya dampak terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis yang menyatakan adanya perbedaan data hasil pretest dan posttest sehingga, terdapat peningkatan pembelajaran dengan melihat rata-rata dari setiap kegiatan. Dengan demikian media sketsa dapat dijadikan alternatif media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran menulis teks anekdot.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 23 Dec 2017 04:02
Last Modified: 23 Dec 2017 04:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32384

Actions (login required)

View Item View Item