Suhari, Alumni and Firmansyah, Dosen PWK Unpas and Zulphiniar Priyandoko, DS (2011) “ STRATEGI PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA SITU CIBURUY KABUPATEN BANDUNG BARAT”. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.
Text
BAB II TA.docx Download (108kB) |
|
Text
BAB IV tugas akhir fix - Copy.docx Download (135kB) |
|
Text
BAB I TA.docx Download (95kB) |
|
Text
BAB V fix.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB IV tugas akhir.docx Download (141kB) |
Abstract
Kabupaten Bandung Barat mempunyai banyak obyek dan potensi wisata khususnya pengembangan pariwisata alam yang mampu dijual dan dikembangkan sebagai sebuah komoditi wisata. Obyek wisata yang ada di Kabupaten Bandung Barat, Situ Ciburuy merupakan salah satu lokasi wisata yang berpotensi untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Jawa Barat pada umumnya. Untuk mencapai potensi tersebut maka keberadaan obyek wisata Situ Ciburuy dapat ditingkatkan fungsi dan peranan wisatanya. Tujuan studi yang ingin dicapai adalah merumuskan strategi dan pengembangan kawasan wisata Situ Ciburuy yang dapat meningkatkan daya tarik wisata dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan. Adapun sasaran studi ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor strategi dari komponen pengembangan pariwisata Situ Ciburuy yang terdiri dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu faktor-faktor strategis yang berasal dari lingkungan dalam kawasan yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal yaitu faktor-faktor strategis yang berasal dari lingkungan luar kawasan yang terdiri dari peluang dan ancaman. Upaya untuk pengembangan obyek wisata Situ Ciburuy sebagai suatu kawasan wisata yang dapat dijual kepada wisatawan baik lokal, domestik maupun mancanegara, perlu dilakukan suatu usaha untuk menemu-kenali potensi dan kendala yang dimiliki kawasan itu sendiri dengan suatu analisis. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT yang mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan suatu strategi. Analisis ini didasarkan pada logika yang memaksimalkan kekuatan dan peluang (internal), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan dan ancaman (eksternal). Berdasarkan analisis SWOT faktor strategis internal dan eksternal. Situ Ciburuy secara internal memiliki nilai kekuatan lebih besar daripada kelemahannya, sedangkan secara eksternal memiliki nilai peluang yang lebih besar dari pada ancamannya, dan strategi yang tepat untuk pengembangan Kawasan Wisata Situ Ciburuy adalah strategi pertumbuhan cepat (Rapid Growth Strategy), strategi meningkatkan laju pertumbuhan kunjungan wisata dengan waktu lebih cepat, peningkatan kualitas yang menjadi faktor kekuatan untuk memaksimalkan pemanfaatan semua peluang. Strategi yang direkomendasikan adalah membuat master plan kawasan Situ Ciburuy sebagai pedoman pentaan ruang atau peruntukkan lahan dan melakukan kerjasama dengan investor dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas obyek dan daya tarik wisata kawasan Situ Ciburuy sehingga dapat meningkatkan jumlah pengunjung pada masa mendatang.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Planologi 2011 |
Depositing User: | Irwan Kustiawan |
Date Deposited: | 24 Nov 2017 02:29 |
Last Modified: | 24 Nov 2017 02:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/32144 |
Actions (login required)
View Item |