STUDI KINETIKA PENYISIHAN ZAT WARNA Colour Index Reactive Blue 5 (CIRB 5) OLEH JAMUR HASIL ISOLASI DARI LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL

Krisnamurti, Alumni and Dr. Hj. F. Lucia Nugroho, Dra., M.Sc., DEA, DS and Setiati, DS (2006) STUDI KINETIKA PENYISIHAN ZAT WARNA Colour Index Reactive Blue 5 (CIRB 5) OLEH JAMUR HASIL ISOLASI DARI LIMBAH INDUSTRI TEKSTIL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img] Text
PENDAHULUAN.doc

Download (52kB)
[img] Text
METODOLOGI PENELITIAN .doc

Download (1MB)
[img] Text
DIAGRAM ALIR PENELITIAN (III-2).doc

Download (36kB)
[img] Text
TINJAUAN PUSTAKA.doc

Download (728kB)
[img] Text
KESIMPULAN DAN SARAN.doc

Download (32kB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Limbah cair yang dihasilkan oleh industri tekstil umumnya berwarna. Zat warna biru seperti CIRB 5 (Colour Index Reactive Blue 5) merupakan salah satu zat warna reaktif yang sering digunakan. Limbah yang berwarna tersebut apabila tidak diolah dengan baik dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan ekosistem dan merusak segi estetika. Oleh karena itu perlu dikembangkan sistem pengolahan yang efektif dan efisien dalam menyisihkan zat warna tekstil, yaitu sistem pengolahan secara biologis. Biosorpsi dengan menggunakan jamur merupakan salah satu teknik yang dapat diterapkan. Keuntungan dari teknik ini adalah dapat menggunakan dua atau lebih mikroorganisme secara bersamaan. pH merupakan faktor yang sangat penting untuk pertumbuhan jamur, dengan suatu nilai pH yang optimum maka proses biosorpsi akan berlangsung lebih efektif (Suhendrayatna, 2001). Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pH 4 merupakan pH optimum bagi jamur yang digunakan pada penelitian ini. Kemudian dilakukan penelitian pengaruh umur jamur terhadap penyisihan zat warna CIRB 5, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa jamur umur 18 jam melakukan penyisihan lebih baik dan lebih cepat dibandingkan dengan jamur umur 55 jam. Penelitian dilanjutkan dengan mengamati pengaruh kehadiran garam terhadap penyisihan zat warna CIRB 5, hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pada konsentrasi zat warna rendah kehadiran garam tidak mengganggu aktivitas jamur dalam menyisihkan warna tetapi pada konsentrasi zat warna tinggi lingkungan asin dapat menghambat kemampuan jamur untuk menyerap warna.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Lingkungan 2006
Depositing User: Dewi Ayu Larassati
Date Deposited: 22 Nov 2017 03:03
Last Modified: 22 Nov 2017 03:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31848

Actions (login required)

View Item View Item