Reza Chandra YPH, 132050433 (2017) ANALISA SEMIOTIKA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT BAHAYA MEROKOK OLEH KEMENTRIAN KESEHATAN RI. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.
Text
Daftar Pustaka.docx Download (15kB) |
||
Text
BAB 1.docx Download (319kB) |
||
Text
ABSTRAK.docx Download (20kB) |
||
Text
BAB 2.docx Download (177kB) |
||
Text
Cover.docx Download (30kB) |
||
|
Image
Lembar Pengesahan.jpg Download (632kB) | Preview |
Abstract
PenulisanskripsiinibermuladariketertarikanpenulisuntukmenganalisissebuahiklandenganteorisemiotikdariRoland Barthes yang terdiridaripenanda,petandadanmitos. Penelitimembatasifokuspenelitianpadarepresentasidari bahaya merokok dilihatdaripenanda, petandadanmitosyang terdapat didalam sebuahiklan layanan masyarakat bahaya merokok oleh Kementerian Kesehatan RI edisi 29 September 2016. Padapenelitianini, penelitimenggunakanstudisemiotika.Dalam bahasa Indonesia, semiotika diartikan sebagai ilmu tentang tanda.TeorisemiotikaRoland Barthes, yang dikenaldenganTwo orders of signification (signifikasiduatahapatauduatatananpertandaan) Barthes terdiridari first order of signification yaitudenotasi, dan second orders of signification yaitukonotasi. Tatanan yang pertamamencakuppenandadanpetanda yang berbentuktanda.Tandainilah yang disebutmaknadenotasi. Metode penelitian yangdigunakanolehpeneliti dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, melalui pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penelitimenggunakananalisissemiologimodel Roland Barthesyang menggunakansignifikasiduatahapdalammelakukanpenganalisisanterhadapobyekdenganharapanpenelitidapatmenemukanmaknadariiklanlayananmasyarakatbahayamerokokoleh KEMENKES RI. PemerintahmelaluiKementrianKesehatanRepublik Indonesia menerbitkanIklanLayananMasyarakat “BahayaMerokok” edisi 29 September 2016 mengajakseluruhelemenmasyarakatuntukberhentimerokokmengingatbahayadarisetiapzat yang terkandungdidalamsebatangrokokdapatmenyebabkanpenyakitserius yang bisamengancamkesehatantubuhmanusia. Saran yang peneliti sampaikan yaituketikakitamenonton sebuah iklan, sebaiknya tidakbegitusajamenerima apa yang disuguhkan iklan kepada kita. Kita harusmampumenilai pesan yang sebenarnya yang ingin disampaikan iklan tersebut.Karenasebuahiklanmemilikikelebihandankekurangandalam proses penyampaiannya dan sebuahiklandapatmenentukankualitasdariproduknya.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017 |
Depositing User: | mr yogi - |
Date Deposited: | 28 Oct 2017 03:50 |
Last Modified: | 28 Oct 2017 03:50 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31634 |
Actions (login required)
View Item |