PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN SISWA SMP DI KECAMATAN KATAPANG KABUPATEN BANDUNG

SUSILAWATI, NPM : 148020134 (2017) PENGARUH KOMPETENSI DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU SERTA IMPLIKASINYA PADA KOMPETENSI LULUSAN SISWA SMP DI KECAMATAN KATAPANG KABUPATEN BANDUNG. Thesis(S2) thesis, Unpas.

[img] Text
cover.docx

Download (40kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (21kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru serta implikasinya pada kompetensi lulusan siswa SMP di Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. Penelitian ini menggunakan metoda deskriptip kuantitatif dan pendekatan asosiatif, dengan jumlah populasi 155 guru dari 5 sekolah SMP yang ada di Kecamatan Katapang dan sampel 65 guru. Hipotesis diuji menggunakan analisis jalur ( Path Analysis ) dengan bantuan SPSS 17.0 yang lengkap dengan pengujian validitas dan reliabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru secara langsung berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Katapang. Dimana kompetensi guru memberikan kontribusi secara langsung terhadap kinerja guru, dan pengaruh tidak langsung terhadap kinerja guru. Lebih lanjut, secara langsung maupun tidak langsung terdapat pengaruh signifikan motivasi terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Katapang. Adapun pengaruh langsung motivasi terhadap kinerja guru adalah sebesar 7.95% dan pengaruh tidak langsung melalui kompetensi sebesar 5.83% dimana secara keseluruhan responden memberikan pandangan yang positif terhadap motivasi guru dengan total pengaruh sebesar 13.78%. Dari hasil penelitian secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru dan motivasi terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Katapang secara simultan sebesar 37.19%. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dan motivasi berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja guru SMP di Kecamatan Katapang. Dalam hal ini, kinerja guru sebagai variabel intervening berpengaruh secara signifikan terhadap kompetensi lulusan siswa dimana secara langsung berpengaruh sebesar 78.3%. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa kinerja guru secara keseluruhan dapat memberikan dampak yang baik terhadap kompetensi lulusan siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adalah ditemukan adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi terhadap kinerja guru, motivasi terhadap kinerja guru, kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru, serta adanya hubungan yang signifikan antara kompetensi dan motivasi terhadap kinerja guru serta implikasinya pada kompetensi lulusan siswa SMP di Kecamatan Katapang, Kabupaten Bandung. KATA KUNCI: Kompetensi, Motivasi, Kinerja guru, Kompetensi lulusan siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2017
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 28 Oct 2017 02:44
Last Modified: 28 Oct 2017 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31628

Actions (login required)

View Item View Item