PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA SMA

PUTERI DEWANTY, 135050076 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT DAN SATISFACTION (ARIAS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN SELF-CONCEPT MATEMATIS SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. covr.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK2.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (654kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (AutoRecovered).pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
BAB V revisi 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Matematika salah satu pelajaran yang diajarkan pada semua jenjang pendidikan dan memiliki peranan yang penting dalam pengembangan kemampuan matematis. Kemampuan representasi dan Self-Concept matematis sangat diperlukan dalam pembelajaran matematika. Namun kenyataannya kemampuan representasi dan SelfConcept matematis masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (2) mengetahui kemampuan Self-Concept siswa yang memperole h model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang memperole h pembelajaran konvensional; (3) mengetahui adanya korelasi antara Self-Concept siswa dengan kemampuan representsi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran ARIAS; (4) mengetahui adanya korelasi antara Self Concept siswa dengan kemampuan representasi matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional . Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan desainnya adalah Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi penelitia n ini adalah siswa SMAN 6 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Adapun sampelnya adalah siswa kelas X Mia 6 dan X Mia 7 yang dipilih secara acak menurut kelas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes uraian kemampuan representasi matematis dan skala Self-Concept dengan menggunakan skala Likert. Tes dan skala Self-Concept terlebih dahulu diuji cobakan. Dari hasil uji coba tes diperoleh semua soal layak untuk dipakai, sedangkan hasil skala Self-Concept terdapat dua belas dari tiga puluh pertanyaan tidak valid, sehingga harus diperbaiki. Dari hasil analis is penelitian, diperoleh: 1) Kemampuan representasi matematis siswa SMA Negeri 6 Bandung yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ekspositori. 2) Self-Concept siswa yang memperoleh pembelajaran ARIAS lebih baik daripada Self-Concept siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. 3) Terdapat korelasi positif antara Self-Concept siswa dengan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran ARIAS. 4) Terdapat korelasi positif antara Self-Concept siswa dengan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata kunci : Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction (ARIAS), Kemampuan Representasi Matematis, Self-Concept Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 23 Oct 2017 02:35
Last Modified: 23 Oct 2017 02:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31376

Actions (login required)

View Item View Item