EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

DESTY SEPTIANY, 135040087 (2017) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PENCEMARAN AIR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB IV FIX PAKE BANGET.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang rendahnya pemahaman siswa terhadap subkonsep pencemaran air dimana sebagian besar hasil belajar siswa kurang memuaskan atau nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pencemaran air. Penelitian dilaksanakan di SMA Pasundan 7 Bandung pada kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Postest Design. Instrumen penelitian yang digunakan adalah test kognitif sebanyak 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postest kelas kontrol 67,50 dan postest kelas eksperimen 74,50. Analisis data menggunakan uji-t menunjukkan hasil thitung > t tabel dengan perolehan nilai t hitung 3,487 dan t tabel 2,05 dengan taraf signifikansi 5% atau nilai signifikansi <0,05 yakni 0,001. Dari kriteria tersebut, Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis N-gain kelas eksperimen sebesar 0,61 rmenunjukkan peningkatan hasil belajar dengan kriteria sedang. Penilaian sikap dan keterampilan yang dimiliki siswa pada kelas eksperimen, menunjukkan kriteria sangat baik dengan perolehan nilai rata-rata yaitu 100 – 90 termasuk kategori A. Jadi, model Problem Based Learning lebih meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, materi Pencemaran Air.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 07:33
Last Modified: 25 Oct 2017 05:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31363

Actions (login required)

View Item View Item