PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING ANTARA MEDIA VIDEO DENGAN TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA

GINA MEGATIRA WIJAYA, 135040060 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING ANTARA MEDIA VIDEO DENGAN TORSO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1 COVER Skripsi.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 Abstrak Indonesia.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.1 Abstrak Inggris.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.2 Abstrak B.Sunda.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
15 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran discovery learning antara media video dengan torso. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pra-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMAN 18 Bandung dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu XI MIPA 2 dan XI MIPA 3 yang berjumlah 30 siswa setiap kelasnya.Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes untuk mengukur ranah kognitif yaitu,30 soal pilihan ganda dan 2 soal essay. Dari hasil penelitian didapatkan niai rata-rata kelas eksperimen 1 pre-test (51,4) dan post-test (70,86) sedangkan kelas eksperimen 2 pre-test (57,36) dan post-test (75,6). Berdasarkan perhitungan uji t berpasangan dengan taraf signifikan α=0,05 diperoleh hasil kelas eksperimen 1 t hit (4,24) dan kelas eksperimen 2 thit (4,51) ≥ t tab (2,04), maka Ha diterima dan H 0 di tolak. Nilai N-Gain (0,413) dan (0,432) hal tersebut menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning antara media video dengan torso dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini merupakan efek positif dari model pembelajaran yang dikembangkan. Kata kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Model Pembelajaran,

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 03:59
Last Modified: 21 Oct 2017 03:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31341

Actions (login required)

View Item View Item