PERANAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS

NURUL CHOERUN NISA, 135040142 (2017) PERANAN KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP VIRUS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (17kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (435kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (324kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA DAN REFERENSI GAMBAR.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran dan hasil belajar peserta didik dan tanpa menggunakan media pembelajaran pada konsep virus. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen one group pretest posttest design. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA 1 SMA Pasundan 1 dan X MIA 2 SMA Al-Qona’ah tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 35 siswa masing-masing kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes objektif berupa soal PG, angket tanggapan siswa. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dengan Chi kuadrat, uji homogenitas (uji f), uji hipotesis (uji t) dan indeks gain. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan: Terdapat perbedaan Hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran yaitu dengan menggunakan PPT (power point) dan alat peraga media yang dibuat sendiri oleh guru pada materi virus, terdapat nilai pada rata-rata posttest kelas yang menggunakan PPT (power point) diperoleh 70,342 %, skor yang diperoleh yaitu 2462. Rata-rata nilai posttest siswa kelas kedua yang menggunakan alat peraga media yang dibuat sendiri oleh guru diperoleh 80,114 %, skor yang diperoleh yaitu 2804. Ini membuktikan bahwa adanya perbedaan yang signifikan perolehan nilai rata-rata kompetensi siswa, dimana kelas kedua yang menggunakan alat peraga media yang dibuat sendiri oleh guru memperoleh nilai lebih tinggi dari pada kelas pertama yang menggunakan PPT (power point). Selain ranah kognitif dengan tes objektif, adapun angket tanggapan siswa yang bertujuan untuk mengetahui tanggapan siswa pada media yang digunakan oleh guru saat pembelajaran, hasilnya lebih banyak yang setuju pada penggunaan alat peraga media yang dibuat sendiri oleh guru membuat anak lebih aktif dan paham. Maka dapat dikatakan penggunaan media pembelajaran yang dibuat sendiri oleh guru berupa alat peraga dalam pembelajaran biologi pada konsep virus dapat meningkatkan penguasaan kompetensi siswa. Kata kunci: hasil belajar, media pembelajaran, virus

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Oct 2017 01:38
Last Modified: 21 Oct 2017 01:38
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31160

Actions (login required)

View Item View Item