ANALISIS KESULITAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK

IIK NURUL FATIMAH, 135040054 (2017) ANALISIS KESULITAN KOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN SISTEM GERAK. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5.abstrak indonesia.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.abstrak bahasa inggris.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.BAB I.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
15.BAB III.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
16.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
17.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
Text
18.daftar pustaka skripsi.pdf

Download (100kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Iik Nurul Fatimah, Analisis Kesulitan Kogntif Siswa pada Pembelajaran Sistem Gerak, Program Studi Biologi FKIP Universitas Pasundan Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan pada ranah kognitif dalam pembelajaran sistem gerak, juga faktor-faktor yang memungkinkan menyebabkan siswa mengalami kesulitan pada materi sistem gerak. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Al-Falah Kota Bandung berjumlah sebanyak 25 Siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre ekperimen. Instrumen yang digunakan berupa soal tes hasil belajar sebanyak 40 butir soal, setiap soal yang dibuat mewakili masing-masing tingkatan proses kognitif. Instrumen berupa kuisioner digunakan untuk mengetahui faktor-faktor yang memungkinkan menjadi penyebab kesulitan belajar pada siswa. Analisis data menggunakan soal tes hasil belajar diperoleh data pada proses level kognitif mengamati (C1) didapatkan data sebesar 55%, yang artinya rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam kategori sedang, pada level kognitif memahami (C2) didapatkan data sebesar 36%, yang artinya rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam kategori tinggi, pada level kognitif mengaplikasikan (C3) didapatkan data sebesar 46%, yang artinya rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam kategori sedang, dan pada level kognitif analisis (C4) didapatkan data sebesar 44%, yang artinya rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam kategori sedang. Dari penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa rata-rata siswa mengalami kesulitan dalam kategori sedang dalam pembelajaran sistem gerak. Faktor yang memungkinkan menyebabkan siswa mengalami kesulitan lebih banyak berasal dari faktor eksternal, yaitu seperti seperti alokasi waktu yang tidak cukup, kurangnya media pembelajaran dan sarana prasarana yang tidak mendukung, Kata Kunci : Kesulitan belajar, Tingkat Kognitif, Sistem Gerak.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 21 Oct 2017 01:15
Last Modified: 21 Oct 2017 01:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31154

Actions (login required)

View Item View Item