“PENERAPAN PRAKTIKUM DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP SEL”

YOLISA ANRADETA, 135040015 (2017) “PENERAPAN PRAKTIKUM DALAM MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA KONSEP SEL”. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img] Text
1.COVER SKRIPSI.pdf

Download (0B)
[img] Text
7.ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
8.ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text
9.ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (0B)
[img] Text
14.BAB I.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
15.BAB II.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text
16.BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
17.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
18.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img]
Preview
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa saat penerapan praktikum dalam model pembelajaran guided inquiry pada konsep sel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pre-eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 1 Bandung yaitu pada kelas XI MIA 1 yang terdiri dari 35 siswa pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-postest design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan tes tertulis untuk mengukur keterampilan proses sains siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS 18.0. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pada skor pretest siswa sebesar 45,8 dan pada skor posttest siswa sebesar 61,6. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan proses sains siswa. Hal tersebut dapat didukung dengan perhitungan statistik dengan menggunakan uji normalitas gain dihasilkan nilai gain sebesar 0,51 yang berarti dikategorikan sedang (nilai 0,30 ≤ n ≤ 0,70 ). Dengan demikian penerapan praktikum dalam model pembelajaran guided inquiry memiliki efek yang kuat dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep sel. Adapun aspek keterampilan proses sains yang mengalami peningkatan yaitu mengamati, mengklasifikasi, menggunakan alat bahan, dan menerapkan konsep. Kata kunci : Guided Inquiry, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:40
Last Modified: 20 Oct 2017 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item