NENG SIPA RESMITA, 135040064 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN DENGAN MEMAHAMI DAN BEREMPATI PADA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.
|
Text
COVER.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. INDONESIA.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT B. INGGRIS.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK B. SUNDA.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (240kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (66kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui peningkatan kemampuan siswa dalam mendengarkan dengan memahami dan berempati (kebiasaan berfikir) pada konsep Pencemaran lingkungan di kelas X IPA SMA IT Fithrah Insani. Hipotesis yang penulis ajukan adalah “Terdapat peningkatan kemampuan mendengarkan dengan memahami dan berempati (kebiasaan berfikir menggunakan model pembelajaran Problem Best Learning (PBL) pada konsep Pencemaran lingkungan.” Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah pra-Eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Adapun hasil yang didapatkan penulis dari penelitian yaitu: Penilaian pada ranah kognitif mengalami peningkatan yang signifikan, hal tersebut bisa dilihat dari hasil perolehan uji normalitas pretest 0,044 dan posttest0,092 sehingga menunjukkan hasil yang signifikan. Penilaian pada ranah afektif memperoleh nilai jumlah rata-rata skor 82 dan penilaian pada ranah psikomotor memperoleh nilai rata-rata skor 77,50.Berdasarkan uraian di atas maka pengaruh model problem based learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan mendengarkan dengan memahami dan berempati pada konsep pencemaran lingkungan mengalami peningkatan pembelajaran yang signifikan. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Mendengarkan dengan Memahami dan Berempati, Konsep Pencemaran Lingkungan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017 |
Depositing User: | mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 20 Oct 2017 08:13 |
Last Modified: | 20 Oct 2017 08:13 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31138 |
Actions (login required)
View Item |