PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI

FEMI ZAHRA ZAKIAH ROBIATUL ADAWIYAH, 135040115 (2017) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I ACC.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (836kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
BAB IV ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] Text
BAB V ACC.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (220kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa berdasarkan penggunaan model pembelajaran learning cycle 7e pada konsep sistem ekskresi. Penelitian ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi dan memberikan pengalaman suasana belajar yang berbeda karena siswa dapat mengeksplorasi kemampuannya, sedangkan bagi pendidik dan sekolah diharapkan mampu memberikan sumbangsih positif dalam upaya perbaikan pembelajaran biologi di sekolah ke arah yang lebih baik. Subjek penelitian ini yaitu salah satu kelas VIII di SMP Negeri 1 Karawang Barat dengan jumlah 40 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain penelitian menggunakan one group pretest-posttest. Data hasil penelitian kemampuan berpikir kritis kemudian dianalisis menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan nilai N-Gain 0.5 dengan kriteria sedang, siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran, dan aktivitas siswa selama pembelajaran menunjukkan hasil yang baik dengan rata-rata persentase keaktifan mencapai 81.5% termasuk dalam kategori aktif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran learning cycle 7e dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep sistem ekskresi. Kata kunci: Learning Cycle 7E, kemampuan berpikir kritis, sistem ekskresi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 20 Oct 2017 06:07
Last Modified: 20 Oct 2017 06:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item