PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Student Team Achievement Division) UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV SDN Cicalengka 08 Kec. Cicalengka Kab. Bandung pada Subtema Kebersamaan dalam keberagaman)

Winarti, 135060126 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (Student Team Achievement Division) UNTUK MENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas pada siswa kelas IV SDN Cicalengka 08 Kec. Cicalengka Kab. Bandung pada Subtema Kebersamaan dalam keberagaman). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Skripsi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bhs.Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bhs.Sunda.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (937kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Skripsi.pdf

Download (15kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi fakta bahwa hasil belajar siswa dalam subtema kebersamaan dalam keberagaman belum mencapai KKM. Kejadian ini dikarenakan peranan guru dalam pembelajaran masih dominan, pembelajaran yang dilakukan guru masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Akibatnya siswa menjadi pasif, selain itu memang siswanya yang tidak memperhatikan guru, masih bergurau ketika pembelajaran, becanda dengan teman ketika guru sedang menjelaskan. Sehingga berdampak pada hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan hal tersebut salah satu upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran subtema kebersamaan dalam keberagaman dengan menggunakan penerapan model cooperative learning tipe STAD. tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Cicalengka 08 dengan menggunakan penerapan model cooperative learning tipe STAD. metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dari hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan presentase hasil be lajar siswa menggunakan model cooperative learning tipe STAD mengalami sebuah peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I sebesar 46% sedangkan siklus II sebesar 75% dan siklus III 92% artinya terdapat adanya suatu peningkatan kualitas hasil pembelajaran dengan menggunakan model cooperative learning tipe STAD pada subtema kebersamaan dalam keberagaman dapat meningkat hasil belajar siswa. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah penerapan model cooperative learning tipe STAD pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV SDN Cicalengka 08 terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model Cooperative Learning tipe STAD, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 20 Oct 2017 02:43
Last Modified: 20 Oct 2017 02:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31088

Actions (login required)

View Item View Item