PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONLA CAMPURAN TAKOKAK (Solanum torvum Swartz) DAN MARKISA (Passifora edulis Slims)

PITRIA ULFA, 123020242 and Hasnelly, DS and Dede Zainal Arief, DS (2017) PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK MINUMAN FUNGSIONLA CAMPURAN TAKOKAK (Solanum torvum Swartz) DAN MARKISA (Passifora edulis Slims). Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text
TA ULFA.docx

Download (1MB)
Official URL: http://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh jenis dan konsentrasi penstabil yang digunakan pada minuman fungsional campuran takokak dan markisa. Penelitian yang dilakukan meliputi dua tahap. Penelitian pendahuluan bertujuan untuk menentukan formula perbandingan sari buah takokak dengan sari buah markisa. Selanjutnya penelitian utama yang bertujuan untuk menentukan pengaruh jenis dan konsentrasi penstabil terhadap karakteristik minuman fungsional campuran takokak dan markisa. Formula perbandingan sari buah takokak dengan sari buah markisa yaitu 1:1, 1:2 dan 2:1 sehingga digunakan uji organoleptik dengan menggunakan uji hedonik, untuk mengetahui formula perbandingan sari buah yang terpilih berdasarkan tingkat kesukaan. Penstabil yang digunakan pada penelitian yaitu karagenan dan CMC. Perbandingan konsentrasi penstabil yang digunakan yaitu 0,5%, 1% dan 1,5%. Hasil penelitian didapatkan bahwa jenis dan konsentrasi penstabil berpengaruh terhadap karakteristik minuman fungsional takokak dan markisa. Hasil analisis formula terpilih didapatkan bahwa produk mempunyai kadar vitamin C sebesar 304,8035 mg vit.C/100 g serta menunjukkan aktivitas antioksidan sebesar 53,278 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pangan 2017
Depositing User: Irwan Kustiawan
Date Deposited: 19 Oct 2017 02:46
Last Modified: 19 Oct 2017 02:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31031

Actions (login required)

View Item View Item