PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Jatayu Kecamatan Andir Kota Bandung)

NISA NURUL FALAH, 135060250 (2017) PENGGUNAAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN Jatayu Kecamatan Andir Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI NEW.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
abstrak inggris.pdf

Download (0B)
[img] Text
abstrak sunda.pdf

Download (0B)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengamatan yang dilakukan di kelas V SDN Jatayu Kota Bandung yang menunjukan rendahnya hasil belajar peserta didik dan tidak mencapai KKM. Penggunaan metode ceramah menjadikan pembelajaran tidak berjalan efektif dan membosankan sehingga hasil belajar peserta didik belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning pada subtema usaha pelestarian lingkungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN Jatayu Kota Bandung Tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah peserta didik yaitu 28 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini terlihat dari peningkatan observasi hasil belajar peserta didik pada siklus I yang terdiri dari sikap kerjasama sebesar 62,8%, peduli sebesar 65,3%, mandiri sebesar 62,8%, pemahaman sebesar 70%, dan keterampilan berkomunikasi sebesar 64,9% , pada siklus II hasil belajar peserta didik yang terdiri dari sikap kerjasama sebesar 73,8%, peduli sebesar 74%, mandiri sebesar 74,4%, pemahaman sebesar 78,14%, dan keterampilan berkomunikasi sebesar 76% dan pada siklus III hasil belajar peserta didik yang terdiri dari sikap kerjasama sebesar 84,8%, peduli sebesar 84,6% dan mandiri sebesar 85,7%, pemahaman sebesar 88,6%, dan keterampilan berkomunikasi sebesar 86,14%. Berdasakan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model Project Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik SDN Jatayu Kota Bandung pada subtema usaha pelestarian lingkungan. Dengan demikian disarankan bagi guru untuk menggunakan model Project Based Learning karena dapat meningkatan hasil belajar peserta didik pada subtema lainnya. Kata Kunci : Project Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 09:26
Last Modified: 18 Oct 2017 09:26
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31013

Actions (login required)

View Item View Item