PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD YKPPK Bandung Tahun Ajaran 2017/2018)

ALLIN PRADITYA, 135060205 (2017) PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERKEMBANGBIAKAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III SD YKPPK Bandung Tahun Ajaran 2017/2018). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indo.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Allin.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Allin.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III Allin.pdf

Download (680kB) | Preview
[img] Text
BAB IV Allin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] Text
BAB V Allin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka Skripsi.pdf

Download (90kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap santun, peduli, dan tanggung jawab serta untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan, Subtema Perkembangbiakan Tumbuhan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti bekerjasama dengan guru kelas. Peneliti sebagai guru yang melaksanakan kegiatan pembelajaran sedangkan guru kelas III sebagai observer. PTK ini terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD YKPPK, sebanyak 23 orang yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Hasil penelitian pada siklus I pada aspek sikap santun, peduli, dan tanggung jawab. Sikap santun cenderung berada pada kategori mulai terlihat (MT). Pada siklus II kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori mulai berkembang (MB). Pada siklus III kecenderungan sikap siswa meningkat pada kategori membudaya (M). Hasil belajar pada aspek pengetahuan pada siklus I jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 13 orang siswa atau sebesar 55% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 10 orang siswa atau 45%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 17 orang siswa atau sebesar 65% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 6 orang siswa atau sebesar 35%. Pada siklus III jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM sebanyak 22 orang siswa atau sebesar 96% dan siswa yang belum tuntas mencapai KKM sebanyak 1 orang siswa atau sebesar 4%. Pada aspek keterampilan pada siklus I keterampilan siswa cenderung berada pada kategori cukup (C). Pada siklus II keterampilan siswa cenderung berada pada kategori baik (B). Pada siklus III keterampilan siswa cenderung berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : Model Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2011
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 08:40
Last Modified: 18 Oct 2017 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31006

Actions (login required)

View Item View Item