PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan di Kelas III Semester I SDN Angkasa 08 Kabupaten Bandung)

SYIFA FAUZIAH, 135060142 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Subtema Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan di Kelas III Semester I SDN Angkasa 08 Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (647kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Angkasa 08 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan rasa percaya diri di dalam proses pembelajaran dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran discovery learning yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, menyatakan masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian percaya diri dan angket untuk mengetahui percaya diri siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian percaya diri dan hasil belajar. Pada penilaian percaya diri nilai rata-rata siklus 1 yaitu 2,05 dan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 2,4 sedangkan siklus III mencapai nilai 3,3. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 59,95 dan postest dengan nilai rata-rata 59,3. Hasil belajar siswa pada siklus II juga belum mencapai kategori tuntas dengan nilai rata-rata pretest 69,1, dan postest 70,05. Dan pada siklus III hasil belajar siswa meningkat dengan kategori tuntas dengan rata-rata pretest 75,15 dan postest 80,9. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa pada tema perkembangbiakan hewan dan tumbuhan subtema perkembangbiakan dan daur hidup hewan di kelas III SDN Angkasa 08 Kabupaten Bnadung. Dengan demikian, penggunaan model discovery learning dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada tema perkembangbiakan dan daur hidup hewan khususnya dan pada tema yang lain untuk umumnya. Kata kunci: discovery learning, percaya diri, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:56
Last Modified: 18 Oct 2017 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/31001

Actions (login required)

View Item View Item