PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung)

Kiswanto, 135060080 (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA (Penelitian Tindakan Kelas Pada Subtema Pelestarian Lingkungan di Kelas V SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover Judul.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Bahasa Indonesia).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Bahasa Inggris).pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak (Bahasa Sunda).pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siwa melalui penerapan model problem based learning pada tema lingkungan sahabat kita subtema pelestarian lingkungan. Penulis melakukan penelitian tindakan kelas di kelas V SDN 063 Kebon Gedang Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi dengan keadaan siswa yang memiliki minat dan hasil belajar yang kurang memuaskan, karena ketika siswa belajar di kelas motivasi belajarnya kurang, ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran masih kurang, rasa ingin tahu siswa terhadap materi yang akan diajarkan pun masih kurang, siswa cenderung bosan dan dalam pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja sehingga dalam proses pembelajaran siswa cenderung pasif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan desain Arikunto. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus setiap siklus terdiri dari 2 pembelajaran dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model problem based learning. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan model problem based learning dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari: pertama, adanya peningkatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (sikluas I mencapai nilai 3.06 atau 76.5%, siklus II mencapai nilai 3.39 atau 84.5%, dan siklus III mencapai nilai 3.73 atau 93%); kedua, adanya peningkatan pelaksanaan pembelajaran (siklus I mencapai nilai 3.01 atau 75%, siklus II mencapai nilai 3.33 atau 83%, dan siklus III mencapai nilai 3.59 atau 89.5%); ketiga, adanya peningkatan sikap minat belajar siswa (siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 62.75%, dan siklus III mencapai 82.3%); keempat, adanya peningkatan hasil belajar siswa (siklus I mencapai 40%, siklus II mencapai 75%, dan siklus III mencapai 88%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa penerapan model problem based learning mampu meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita subtema pelestarian lingkungan di kelas V Sekolah Dasar. Kata Kunci : Problem Based Learning , Minat , dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:47
Last Modified: 18 Oct 2017 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30999

Actions (login required)

View Item View Item