KUALITAS PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PAGARSIH KOTA BANDUNG

Santi Kristina Simarmata, 132010180 (2017) KUALITAS PELAYANAN LOKET PENDAFTARAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PAGARSIH KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, PERPUSTAKAAN.

[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA ok.docx

Download (67kB)
[img] Text
DAPUS.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx 2 (1).docx

Download (34kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (19kB)
[img] Text
COVER.docx

Download (28kB)
[img]
Preview
Image
IMG20171018141937.jpg

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya sarana dan prasarana peralatan ruang tunggu yang tersedia, kemampuan pelayanan yang kurang cepat, serta ketepatan waktu yang tidak sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan, keramahan pelayanan loket pendaftran tidak sesuai dengan harapan pasien atau masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teori dari Pararsuraman, Berry, dan Zeitmal (Pasolong : 2007) meliputi tangibles (bukti langsung), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan emphaty (empati). Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara,observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interatif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan loket pendaftaran kesehatan di Puskesmas Pagarsih Kota Bandung Provinsi Jawa Barat Sudah berjalan dengan cukup baik akan tetapi masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Profesionalitas dan keahlian dari petugas loket pendaftaran kesehatan sudah baik, sikap dan perilaku petugas juga sudah cukup baik, akan tetapi sarana dan prasarana ruang tunggu di Loket pendaftaran masih kurang serta mesin antrian yang belum juga diperbaiki. Para petugas juga belum cepat dalam menginput data pasien membuat antrian menjadi lama. Saran dari peneliti adalah sebaiknya alat- alat penunjang pelayanan dilengkapi dan diperbaiki. Pihak puskesmas pagarsih juga perlu membuat reward and punishment untuk petugas loket pendaftaran. Meningkatkan kualitas pelayanan dengan meningkatkan kualitas petugas loket pendaftaran, memberikan sanksi tegas kepada petugas yang tidak ramah.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 18 Oct 2017 07:23
Last Modified: 18 Oct 2017 07:23
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30992

Actions (login required)

View Item View Item