PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MNINGKATKAN HASIL BELAJAR ( Sub Pokok Pasar Modal Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Siang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016 - 2017 )

GINTAR TUBAGUS, 155020114 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE JIGSAW DALAM MNINGKATKAN HASIL BELAJAR ( Sub Pokok Pasar Modal Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjung Siang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016 - 2017 ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris, Sunda.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw Dalam Mningkatkan Hasil Belajar ( Sub Pokok Pasar Modal Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas XI Sma Negeri 1 Tanjung Siang Kabupaten Subang Tahun Pelajaran 2016 - 2017 ). Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya pemahaman belajar siswa terhadap materi pasar modal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan dan membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan metode konvensional. Metode yang digunakan adalah Quasi-eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonequivalent pretest-posttest desain. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungsiang tahun ajaran 2016-2017 semseter II. Sampel sebanyak dua kelas dari 4 kelas yaitu XI IPS 1 dan XI IPS 2 Instrumen berupa tes objektif 20 soal pilihan ganda. Hasil analisis menunjukan nilai rata-rata post-test kelas Jigsaw sebesar 89,26 dengan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95. Rata-rata kelas Ceramah sebesar 82,98 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 100. Hasil data post-test menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 1 %, yakni 2,82 > 2,66. Hal tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan Ceramah. Pemilihan model pembelajaran di kelas sebaiknya dapat memberikan semangat belajar terhadap siswa. Kata kunci: Hasil belajar, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:48
Last Modified: 18 Oct 2017 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30986

Actions (login required)

View Item View Item