PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X PN1 DI SMK ICB BANDUNG

Revo Martavela, 135020113 (2017) PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DI KELAS X PN1 DI SMK ICB BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP Unpas.

[img]
Preview
Text
Cover-.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (329kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian ini “Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Kelas X PN1 di SMK Icb Bandung”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode simulasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran kewirausahaan kasus pada mata pelajaran membuat body scrub kelas X PN1 di SMK ICB Bandung serta untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio-visual terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran kewirausahaan pada mata pelajaran membuat body scrub kelas X PN1 di SMK ICB Bandung.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X PN1 di SMK ICB Bandung yang berjumlah 38 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor dengan bantuan SPSS release 21.0 for Windows. Hasil penelitian rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai metode pembelajaran simulasi sebesar 4,02, sedangkan mengenai minat belajar siswa sebesar 4,01, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tanggapan responden terhadap pembelajaran metode simulasi dan minat belajar “Sangat Baik”. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil penelitian pengaruh penerapan metode simulasi yaitu koefisien determinasi R Square sebesar 0,650%. Hal ini dinyatakan variabel X mempunyai pengaruh sebesar 65% terhadap variabel Y dan sisanya 35% dipengaruhi faktor lain. Faktor yang memberikan pengaruh kepada variabel Y sebanyak 65% disebabkan oleh indikator variabel X berupa fungsi metode pembelajaran dan keunggulan metode simulasi. Kesimpulan penelitian dapat diterima, sebagai akhir penelitian, penulis menyampaikan saran kepada guru jika memiliki siswa yang cenderung memiliki karakteristik pasif, guru sebaiknya menggunakan variasi model pembelajaran yang menarik yang dipadukan dengan metode simulasi yaitu metode pelatihan yang mempergerakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan karena cara ini dapat membuat siswa lebih berminat untuk belajar dan akan meningkatkan minat belajar siswa, bagi sekolah kepala sekolah di harap menyarankan guru untuk menggunakan metode simulasi,bagi peneliti selanjutnya bagi para praktis selanjutnya di bidang pendidikan dapat melakukan penelitian serupa dengen media pembelajaran dan metode yang berbeda untuk peningkatan pemahaman pembelajaran pada pokok bahasan selanjutnya. Kata Kunci: Metode Simulasi dan Minat Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2017
Depositing User: mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:48
Last Modified: 18 Oct 2017 06:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/30985

Actions (login required)

View Item View Item